Persyaratan

Dasar Hukum

  • Undang-undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan
  • Undang-undang No. 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1975 tentang Pelaksanaan Undang-undang No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan
  • Peraturan Presiden RI No. 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil
  • Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 9 Tahun 2016 Tentang Percepatan Cakupan kepemilikan Akta Kelahiran

 

SYARAT-SYARAT PENGURUSAN

ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

 

  1. DOKUMEN PENDAFTARAN PENDUDUK
  1. Pendaftaran Penduduk
  1. Pengantar KK dari Desa
  2. KK Lama
  3. Foto Copy Akta Kelahiran
  4. Foto Copy Ijazah terakhir
  5. Foto Copy Buku Nikah/Akta Perkawinan
  1. Kedatangan Penduduk
  1. SKPWNI Asli dari daerah asal
  2. Pengantar KK dari desa
  3. Foto Copy Akta Kelahiran
  4. Foto Copy Ijazah Terakhir
  5. Foto Copy Buku Nikah/Akta Perkawinan
  1. Pindah Penduduk
  1. Pengantar Pindah dari Desa mengetahui Kecamatan
  2. KTP-elektronik dan KK Asli
  3. Foto Copy Akta Kelahiran
  4. Foto Copy Ijazah Terakhir
  1. Pembuatan SKTT WNA
  1. Surat Keterangan Tempat Tinggal dari Desa
  2. Foto Copy KITAS yang masih berlaku
  3. Foto Copy Passport
  4. Surat Keterangan Tanda Lapor Diri dari Kepolisian (SKTLD)
  5. Pas Foto Warna 2x3 cm, 2 lembar
  1. Pembuatan KTP WNA
  1. Surat Keterangan Tempat Tinggal dari Desa
  2. Foto Copy KITAP yang masih berlaku
  3. Foto Copy Passport
  4. Surat Keterangan Tanda Lapor Diri dari Kepolisian (SKTLD)
  5. Pas Foto Warna 2x3 cm, 2 lembar

 

  1. DOKUMEN PENCATATAN SIPIL

 

  1. Akta Kelahiran
  1. Mengisi Form F-2.01 (Permohonan Pencatatan Kelahiran)
  2. Surat Keterangan Lahir dari Penolong Kelahiran dan atau SPTJM (Permendagri Nomor  9 Tahun 2016).
  3. Foto copy Akta Nikah atau Akta Perkawinan dan atau mengisi Formulir SPTJM (Permendagri Nomor  9 Tahun 2016).
  4. Foto copy Kartu Keluarga Orang tua.
  5. Foto copy KTP kedua orang tua./ Foto Copy Paspor bagi WNA.
  6. Foto copy KTP Elektronik  2 (dua) Orang Saksi Pencatatan Pelaporan Kelahiran.

 

BAGI ANAK-ANAK  YANG TIDAK DIKETAHUI ASAL USULNYA, SYARAT YANG HARUS DIPENUHI DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN ADALAH :

  1. Mengisi Formulir F-2.03 (Surat Keterangan Kelahiran bagi anak yang tidak diketahui asal usulnya).
  2. Berita Acara dari Kepolisian  tempat diketemukannya anak yang bersangkutan.
  3. Kartu Keluarga Pengurus Panti Asuhan atau Lembaga Sosial yang menampung anak yang tidak diketahui asal usulnya.
  1. Akta Perkawinan
    1. Mengisi Form Pelaporan Perkawinan
    2. Surat Keterangan Perkawinan dari Pemuka Agama
    3. KTP dan KK suami dan Istri
    4. Pas Foto Gandeng Suami dan Istri berwarna, 4 lembar :

(Hindu berlatar warna Merah, Kristen berlatar Biru, Budha berlatar Kuning).

    1. Foto Copy Akta Kelahiran Suami dan Istri
    2. Passport Bagi Suami/Istri WNA
    3. Surat Keterangan dari Desa/Kelurahan
    4. Foto Copy KTP-el 2 (dua) orang Saksi
    5. Akta Perceraian/Kematian jika salah satu berstatus Cerai Hidup atau Cerai Mati
    6. Izin dari Komandan Satuan bagi Anggota TNI/Polri
    7. Akta Notaris bagi Pasangan Suami Istri yang melakukan perkawinan dengan perjanjian perkawinan
    8. Surat Izin dari Perwakilan Negara Asing bagi WNA yang akan melaksanakan perkawinan di Indonesia
    9. Adanya penetapan Pengadilan bagi salah satu calon mempelai masih dibawah usia 16 Tahun.
  1. Akta Kematian
  1. Bagi Warga Negara Indonesia
      1. Mengisi Form Penerbitan Akta Kematian
      2. Surat Keterangan Kematian dari Desa/Kelurahan dan atau dari Rumah Sakit/Puskesmas
      3. KK dan KTP almarhum
      4. Foto Copy KTP Pemohon
      5. Foto Copy KTP 2 (dua) orang saksi.
  1. Bagi Warga Negara Asing/Orang Asing
  1. Mengisi Form Penerbitan Akta Kematian
  2. Surat Keterangan Kematian dari Rumah Sakit/Puskesmas atau visum dokter
  3. Asli dan foto copy KK dan KTP bagi pemegang ITAP
  4. Asli dan foto copy SKTT dan SKSKPS bagi pemegang ITAS
  5. Asli dan foto copy Passport bagi orang asing yang memiliki izin kunjungan

 

PENGURUSAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN :

  1. LENGKAPI PERSYARATAN, GUNAKAN MAP/SAMPUL 
  2. WAKTU PENYELESAIAN 5-7 HARI KERJA (Pasal 76 Perda Kab. Lombok Barat Nomor 11 Tahun 2015)
  3. TIDAK DIPUNGUT BIAYA/GRATIS, HINDARI CALO
Sambutan
Pelayanan Malam Hari





Dipilihnya Desa Lingsar sebagai salah satu desa Labsite
Kejar Target e-KTP, Dukcapil Lombok Barat Manfaatkan ” Perang Topat ”
KTP El Berlaku Seumur Hidup