LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Percepat Perekaman Ktp-El Pemula Dukcapil Lombok Barat Intensifkan Jadwal …
Berita Utama

PERCEPAT PEREKAMAN KTP-EL PEMULA DUKCAPIL LOMBOK BARAT INTENSIFKAN JADWAL DAN PERSONIL YANG ADA DI UPT

Posting oleh disdukcapillobar - 15 Jan. 2024 - Dilihat 422 kali

Giri Menang Gerung

(Senin,15/01/2024) Mengingat pesta demokrasi  Pemilihan Umum  (Pemilu) tinggal sebulan lagi sedangkan berdasarkan hasil  Pengelolaan Data Administrasi Kependudukan (PDAK) 2023  progres capaian perkaman KTP-el untuk Kabupaten Lombok Barat jumlah DP4 progres penduduk secara keseluruhan  sebanyak 516.286, sudah rekam 505.029, yang belum rekam  sebanyak 11.257. Sedangkan DP4  penduduk pemilih pemula dari 23.397 pemilih pemula yang sudah rekam 13.291 sedangkan yang belum rekam 9.968. Berdasarkan data tersebut progres perekaman KTP-el Kabupaten Lombok Barat secara keseluruhan telah mencapai 97,82 %. (sumber data DPMPD Dukcapil Provinsi NTB, 10/01/2024)

Melihat dari data di atas, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Dukcapil) Lombok Barat mempercepat perekaman KTP-el dengan lebih mengintensifkan jadwal perekaman dan personil dengan mengerahkan petugas/operator di dinas maupun yang ada di UPT Dukcapil di semua wilayah untuk turun melaksanakan perekaman di SMA/SMK sederajat dan desa-desa. Hal ini dilakukan agar sisa target perekaman KTP-el bisa tuntas sebelum pemilu mendatang.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Dukcapil Lobar Saepul Ahkham Kami telah menjadwalkan turun ke beberapa lokasi desa dan sekolah secara serentak setiap harinya dari hari Senin sampai dengan Kamis dan tidak menutup kemungkinan dihari libur (sabtu-Minggu), selain itu menginstruksikan kepada semua Kepala UPT untuk melaksanakan perekaman KTP-el di  sekolah dan desa diwilayahnya masing-masing, yang kemarin belum sempat di datangi.

Ahkham sendiri mengakui Perekaman di sekolah kemarin belum maksimal dan mengalami kendala hal ini dikarenakan bertepatan dengan ujian semester dan disambung  hari libur semester  sehingga siswa/siswi tak ada disekolah, untuk itu kami kejar dengan melaksanakan pelayanan Adminduk di desa. Kami berharap agar warga juga pro aktif untuk datang ke Dinas Dukcapil maupun ketempat-tempat digelarnya pelayanan untuk melaksanakan perekaman. Ujar Ahkham.

Selain kendala diatas kekosong blangko KTP juga sangat berpengaruh sehingga lambatnya kepemilikan KTP warga, banyak warga yang terutama pemilih pemula yang ingin segera di cetakan KTPnya  terpaksa hanya diberikan Suket untuk sementara.  Harapan Dinas Dukcapil sendiri Perekaman dan pencetakan KTP-el  warga bisa tuntas sebelum Pemilu pada bulan Februari mendatang.(DUKCAPIL BISA)

 

(GADS)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *