LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Rombongan Direktorat Dafdukcapil Kunjungi Dan Supervisi Pelayanan Adminduk…
Berita Utama

ROMBONGAN DIREKTORAT DAFDUKCAPIL KUNJUNGI DAN SUPERVISI PELAYANAN ADMINDUK DUKCAPIL LOBAR DI DESA CENDI MANIK KECAMATAN SEKOTONG

Posting oleh disdukcapillobar - 26 Jan. 2024 - Dilihat 124 kali

Giri Menang Gerung Lobar

Pelayanan Adminduk Dinas Dukcapil Lombok Barat yang digelar di Desa Cendi Manik Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat  Kamis 25 Januari 2024 kemarin mendapat kunjungan dan supervisi dari bapak Walter Edward Malau, S.Sos,M.PA. Analis Kebijakan Ahli Muda  Direktorat Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil (Dafdukcapil) beserta rombongan.

Sebelum menuju ke Desa Cendi Manik rombongan Direktorat Dafdukcapil terlebih dahulu berkunjung ke Kantor Dinas Dukcapil Lobar di Gerung. Dalam kunjungan dan supervisinya Walter sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Dinas Dukcapil Lobar dengan turun ke desa-desa dan sekolah demi menuntaskan target nasional perekaman KTP-el dan penertiban Adminduk warga. 

Dalam kesempatan tersebut Walter menyampaikan beberapa hal terkait dengan pindah/datang penduduk. Dalam kasus pindah/datang penduduk Walter menyoroti masih banyak daerah-daerah yang menolak pindah/datang warga dikarenakan tidak adanya surat persetujuan/ijin dari pasangannya. Bagi pasangan suami/istri yang salah satunya ingin pindah, diharuskan ada surat ijin dari pasangannya, padahal tidak harus ada ijin. Contohnya dalam kasus KDRT, perceraian yang belum selesai,  dimana pada kasus tersebut tentunya sangat menyulitkan warga untuk memperoleh persetujuan dari pasangannya. Dalam kasus tersebut Walter menegaskan Dukcapil tidak berhak menolak kepindahan/kedatangan penduduk dikarenakan tidak ada surat ijin dari pasangannya, warga cukup mengisi formulir permohonan pindah saja.

Selain pindah/datang penduduk Walter juga menyampaikan terkait Identintas Kependudukan Digital (IKD), Human Trafficking, dan SKP WNI bagi  warga yang keluar negeri agar di wajibkan lebih diperketat/perkuat lagi. Hal ini dilakukan agar pendataan warga bisa lebih tertib lagi. Di sela-sela kunjungannya Walter menghampiri salah satu petugas/operator Dinas Dukcapil Lobar yang sedang memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menanyakan terkait penerapan IKD. (DUKCAPIL BISA).

 

 

 

(GADS)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *