LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Dirjen Dukcapil Kemendagri Kunjungi Dinas Dukcapil Lombok Barat
Berita Utama

DIRJEN DUKCAPIL KEMENDAGRI KUNJUNGI DINAS DUKCAPIL LOMBOK BARAT

Posting oleh disdukcapillobar - 16 Okt. 2023 - Dilihat 703 kali

Girimenang-Gerung Lobar

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI Teguh Setyabudi melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Barat di Gerung, Senin (16/10/2023). Sebelumnya, Teguh  terlebih dahulu menghadiri puncak perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lombok Tengah yang ke 78 yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Lombok Tengah di Praya lalu mengunjungi Dinas Dukcapil Lombok Tengah.

Kunjungan mantan Dirjen Bangda ke Lombok Barat disambut oleh jajaran Dinas Dukcapil, walaupun saat itu situasi pelayanan sudah sepi karena jam istirahat. Menurut Teguh, tujuan kunjungannya adalah untuk meninjau langsung situasi dan kondisi pelayanan sekaligus menyemangati jajaran Dukcapil.

"Terutama untuk para operator agar mereka tetap semangat dan ikhlas dalam melayani kebutuhan masyarakat. Para operator ini yang menjadi urat nadi dan kunci sukses pelayanan," ujar Teguh.

Pada kesempatan itu, Dirjen langsung berdialog dengan para staff operator terkait dengan pelayanan, fasilitas, jumlah serta status  petugas/operator  pelayanan di Disdukcapil, bahkan tentang honor yang diterima para staff setiap bulan. Usai berdialog dengan staff, dengan didampingi Kepala Bidang Dukcapil pada DPMD Dukcapil Provinsi NTB, dialog berlanjut di ruang terpisah dengan para Asisten, para Kepala Bidang di Dukcapil, bahkan juga dengan Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram. Mereka berdialog cukup lama tentang strategi pelayanan.

"Tadi pak Dirjen sangat menekankan pelayanan kepada para siswa atau pemilih pemula untuk Pemilu nanti. Lebih tegas untuk meningkatkan kuantitas perekaman menjelang Pemilu di 14 Pebruari 2024 nanti," kata Kepala Dinas Dukcapil Lombok Barat, Saepul Akhkam.

 Bersama Asisten III Setda Lombok Barat  Drs. Hendrayadi, Akhkam juga mengusulkan kepada Dirjen Dukcapil agar memfasilitasi dan ikut memperjuangkan nasib para Tenaga Honorer di Dinas Dukcapil se Indonesia bisa diangkat atau diprioritaskan menjadi P3K/PNS.

"Di kami, para operator yang nota benenya masih tenaga honorer adalah urat nadi pelayanan, apalagi saat ini mereka sudah mengantongi sertifikat skill untuk adminduk," pungkas Akhkam. (DUKCAPIL BISA)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *