LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Dukcapil Lobar Gerebek Adminduk Warga Desa Gili Gede Indah Sekotong
Berita Utama

DUKCAPIL LOBAR GEREBEK ADMINDUK WARGA DESA GILI GEDE INDAH SEKOTONG

Posting oleh disdukcapillobar - 19 Des. 2023 - Dilihat 109 kali

Giri Menang Gerung Lobar

Demi penertiban dokumen Adminduk warga dan tuntasnya perekaman KTP-el pemula Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Barat kembali mengelar pelayanan Adminduk di Desa Gili Gede Indah, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Untuk menuju ketempat tersebut hanya dapat diakses mengunakan transfortasi laut (perahu/sampan). Pelayanan Adminduk ini merupakan pelayanan yang kedua kalinya setelah pada Juli 2023 kemarin Dukcapil Lobar melaksanakan pelayanan Adminduk bersamaan dengan pembaharuan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Kios  Adminduk. Pelayanan kali ini  dipusatkan di Dusun Orong Bukal berlangsung selama 2 hari pada JumatSabtu, 15-16 Desember 2023. Untuk melayani warga Desa Gili Gede Indah, Dinas Dukcapil Lobar menurunkan sebanyak 40 orang personilnya yang terdiri dari Sekdis, 3 orang Kabid, Kepala UPT dan 35 staf/operator. 

Kepala Dinas Dukcapil Lobar Saepul Akhkam yang mendampingi kegiatan tersebut menjelaskan pelaksanaan turun pelayanan ke Desa Gili Gede  tujuannya untuk perekaman KTP-el pemula dan penertiban dokumen Adminduk warga.   Kami turun ke desa ini untuk memudahkan warga dalam mengurus dokumen Adminduk.  Yang menjadi kendala warga dalam mengurus dokumennya sendiri adalah jarak Desa Gili Gede dengan Kantor Dinas Dukcapil sangatlah jauh, hal inilah yang  menyebabkan kesulitan dan  keengganan warga untuk mengurus dokumennya sendiri sehingga sekarang ini banyak warga yang belum memiliki/memperbaharui dokumen Adminduknya, terang Akhkam.

Selain itu warga berpendapat dengan jarak yang cukup jauh menyebabkan akan keluar banyak biaya untuk trasportasinya meskipun dalam pengurusan dokumen Adminduk di Dinas Dukcapil tidak di pungut biaya apapun.  Sebagian besar warga Desa Gili Gede merupakan nelayan yang penghasilannya tidak menentu. Penduduk Desa Gili Gede sendiri kurang lebih ada sekitar 460 KK  yang tersebar di lima dusun yang berjauhan dan hanya bisa diakses dengan perahu. Untuk itulah kami hadir turun lansung pelayanan disini, kami berharap dengan hadirnya kami disini sedikit tidak dapat meringankan beban warga dan membahagiakan warga. Ujar Akhkam.

Kepala Desa Gili Gede Indah  Awaluddin bersama warganya sangat mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran tim Dukcapil Lobar. Kami sangat berterimakasih atas kedatangan tim pelayanan Dinas Dukcapil yang telah  membantu menuntaskan permasalahan dokumen Adminduk dan memberikan pelayanan kepada warga kami. ujar Awaluddin (DUKCAPIL BISA).

 

(GADS)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *