LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Gelar Pelayanan Di Desa Buwun Mas Dukcapil Lobar Di Serbu Warga
Berita Utama

GELAR PELAYANAN DI DESA BUWUN MAS DUKCAPIL LOBAR DI SERBU WARGA

Posting oleh disdukcapillobar - 9 Okt. 2023 - Dilihat 325 kali

Giri Menang Gerung Lobar

Dinas Dukcapil Lombok Barat kembali mengelar pelayanan Adminduk di Desa Buwun Mas, desa paling Selatan Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Pelayanan Adminduk  dilaksanakan di Kantor Desa Buwun Mas berlangsung selama dua hari, pada hari Jumat dan Sabtu,  tanggal 6 dan 7 Oktober 2023 kemarin. Pelayanan yang dipusatkan di Desa Buwun Mas induk ini, diserbu lebih dari 300 warga desa setempat dan sekitarnya yang bersal  dari tujuh Dusun. Untuk melayani warga Dinas Dukcapil Lobar  menurunkan 2 timnya  yang terdiri dari 10 orang, serta didampingi langsung Kepala Dinas  Dukcapil Lombok Barat Saeful Akhkam.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Hamdi, S.Pd. yang turun langsung pelayanan  menerangkan Dokumen  Adminduk  warga Desa Buwun Mas merupakan yang paling bermasalah diantara desa-desa lainnya. Dari kurang lebih 300 pemohon 99 persennya bermasalah dari sisi Adminduknya. Kalaupun mereka mengurus sendiri dokumen Adminduknya sangat tidak memungkinkan karena disitu Abnormal semua. Karena dari sisi persyaratan juga tidak memungkinkan, bahkan ada yang sudah mempunyai anak sekian  dan orang tuanya belum memiliki KTP, KK, sehingga Akta Kelahiran anak-anaknya juga belum bisa kita buatkan.

Hamdi juga mengatakan Sangat luar biasa apa yang kita lakukan langsung, melihat secara langsung serta didampingi oleh smua Kadus, Sekdes, Kepala Desa dan tokoh-tokoh masyarakat, permasalahan-permasalahan Adminduk  warga setempat.

 Kabid Dafduk ini juga menerangkan Dalam pelayanan tersebut untuk perekaman KTP-el sendiri tidaklah begitu banyak kurang lebih sekitar seratus perekaman, yang terbanyak adalah dokumen-dukumen lainnya seperti pengabungan KK, SPTJM perkawinan, Akta Kematian, Akta Kelahiran dari hasil perkawinan kedua, ketiga dan seterusnya. Terkhusus untuk Desa Buwun Mas sepertinya harus ada kebijakan tersendiri mengingat peliknya permasalahan-permasalahan dokumen Adminduk warganya. Jika kita terapkan secara SOP maka permasalahan-permasalahan Adminduk warga tersebut tidak akan pernah selesai. Ujarnya.  

Kepala Desa Buwun Mas Induk Rochidi, SIP. Sendiri membenarkan apa yang disampaikan oleh Kabid Dafduk tersebut bahwa Masih banyak warganya bermasalah dalam Dokumen Adminduknya. Rochidi juga menyampaikan rasa  terimakasihnya kepada Dinas Dukcapil Lobar yang telah  turun kedesa untuk melayani warganya.

Kepala Dinas Dukcapil Lombok Barat  Saeful Akhkam menambahkan Tujuan kita turun kedesa selain untuk melayani juga agar membuat masyarakat sadar akan pentingnya Dokumen Adminduk. (DUKCAPIL BISA).

 

 

(GADS)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *