LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Pegawai Dinas Dukcapil Lobar Ikuti Tes Kebugaran Dan Sosialisasi Penyuluha…
Berita Utama

PEGAWAI DINAS DUKCAPIL LOBAR IKUTI TES KEBUGARAN DAN SOSIALISASI PENYULUHAN HIV/AIDS

Posting oleh disdukcapillobar - 18 Juli 2023 - Dilihat 831 kali

Girimenang-Gerung Lobar

Jumat 14 Juni 2023, seluruh pegawai Dinas Dukcapil Lombok Barat mengikuti kegiatan tes kebugaran yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat. Hal ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sehat, bugar dan produktif.

Kegiatan yang dilaksanakan pagi hari di  Becingah Kantor Bupati ini diikuti oleh kurang lebih 118 pegawai PNS dan Non PNS Dinas Dukcapil dan beberapa OPD lainnya. Sebelum pelaksanaan kegiatan peserta di haruskan memeriksa kesehatan mandiri pada petugas  dan menyiapkan Aplikasi SIPGAR, jika memenuhi syarat peserta layak untuk mengikuti tes  kebugaran. Aplikasi SIPGAR merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan metode Rockport. Aplikasi ini dapat diunduh di platform Playstore, sehingga semakin mudah digunakan untuk olahraga di mana pun dan kapan pun.

Selanjutnya pada siang hari dimulai pukul 14.00 wita, bertempat di Aula Pelayanan   Dinas Dukcapil Lobar, seluruh pegawai Dinas Dukcapil mengikuti Sosialisasi Penyuluhan HIV/AIDS yang diadakan oleh Komisi Penangulangan AIDS (KPA) Lombok Barat. Hal ini dilaksanakan mengingat bahwa HIV/AIDS sudah berkembang di seluruh Kecamatan di Kabupaten Lombok Barat dan menjadi ancaman bagi hampir semua siklus kehidupan manusia. Selain di Dinas Dukcapil  Sosialisasi Penyuluhan HIV/AIDS juga dilaksanakan di semua OPD yang ada di lingkup pemerintahan Lombok Barat.

H. M. Djunaidi, SH. Sekretaris KPA Lobar yang hadir sebagai narasumber menjelaskan penularan HIV/AIDS saat ini sudah meluas ke ibu rumah tangga dan balita. Sosialisasi dan program perlu dilaksanakan kepada semua komponen dengan tujuan guna pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS, menurunkan jumlah kasus baru HIV/AIDS, menurunkan angka kematian dan menurunkan stigma dan diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS.

Dijelaskan pula bahwa setiap menit  di dunia terdapat 650 orang terinfeksi penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) dan setiap menit di dunia 10 orang tertular HIV. Untuk Lombok Barat sendiri kasus penderita HIV/AIDS mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Data terakhir menyebutkan  ada 276 kasus penderita HIV dan 183 kasus penderita AIDS yang tersebar di 10 Kecamatan yang ada di Wilayah Kabupaten Lombok Barat. Masih ada yang belum terdeteksi  1.103 bahkan lebih (sesuai data estimasi nasional). Dan baru ditemukan sekitar 20% dari data Estimasi Nasional ODHA di Lombok Barat. Sedangkan total temuan kasus HIV/AIDS di Nusa Tenggara Barat sebanyak 2.821 kasus. (DUKCAPIL BISA)

 

(GADS)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *