LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Siapkan Pelayanan Dukcapil Lobar Gelar Sosialisasi Adminduk Di Desa Mareje…
Berita Utama

SIAPKAN PELAYANAN DUKCAPIL LOBAR GELAR SOSIALISASI ADMINDUK DI DESA MAREJE TIMUR SERTA GELAR PELAYANAN ALL IN ONE DI DESA MAREJE INDUK

Posting oleh disdukcapillobar - 5 Des. 2023 - Dilihat 574 kali

Giri Menang Gerung Lobar

Senin 4 Desember 2023 Dinas Dukcapil Lombok Barat melaksanakan  dua kegiatan penting di wilayah Selatan Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di wilayah Kecamatan Lembar. Kegiatan pertama yaitu sosialisasi Adminduk  di Desa Mereje Timur Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Sosialisasi di gelar di Aula Kantor Desa Mereje Timur dihadiri oleh 8 orang Kepala Dusun dari 12 Dusun yang ada di wilayah desa tersebut  serta di hadiri oleh beberapa perangkat desa lainnya. 

Sosialisasi Adminduk digelar beberapa hari sebelum melaksanakan pelayanan di desa tersebut dengan  tujuan agar perangkat desa mempersiapkan warganya dan warga lebih mengetahui dan mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan dalam pengurusan dokumen Adminduk.

Turun langsung memberikan sosialisasi Kepala Dinas Dukcapil Saepul Akhkam dan didampingi Sekretaris Dinas Dukcapil Fathurrahman. Dalam kesempatan tersebut  menyampaikan Dinas Dukcapil telah merencakan akan mengelar pelayanan Adminduk di desa  tersebut nanti pada minggu kedua bulan Desember ini, tepatnya Senin 11 Desember 2023 mendatang.

Sosialisasi ini penting di lakukan sebelum pelayanan agar masyarakat tahu dan mempersiapkan dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk membuat dokumen Adminduk kebutuhkan warga, sehingga masyarakat tidak harus bolak-balik lagi untuk memenuhi persyaratan tersebut. Untuk saat ini Dinas Dukcapil Lobar lebih mengencarkan lagi turun pelayanan ke desa-desa dan sekolah-sekolah  SMA/SMK sederajat selain untuk menuntaskan target perekaman KTP-el pemula  yang tersisa 23.000 orang lagi juga untuk menertibkan dokumen Adminduk warga. ujar Ahkham.

 Pejabat Kades Mereje Timur Zainudin beserta perangkat desa lainnya menyambut baik kegiatan tersebut. Menurut Zainudin Dengan adanya sosialisasi tersebut warganya bisa lebih mempersiapkan diri dalam pengurusan dokumen Adminduk sehingga tidak perlu lagi bolak-balik untuk melengkapi persyaratannya. Dalam sosialisasi tersebut dilaksanakan juga diskusi terkait permasalahanpermasalahan dokumen Adminduk yang sering dihadapi warganya serta solusi dari permasalahan tersebut.

Kegiatan kedua Dukcapil yaitu  pelayanan Adminduk All In One yang dilaksanakan di Desa Mareje Induk Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Dalam pelayanan Adminduk kali ini Dukcapil Lobar menurunkan 10 orang Timnya yang didampingi oleh 2 orang Kabid yaitu Kabid Pelayanan Capil Drs. I Nyoman Sudiatmika dan Kabid Pelayanan Dafduk Hamdi, S.Pd.

Berdasarkan keterangan Khairil Anwar operator Dinas Dukcapil  yang turun pelayanan Antusiasme warga sangatlah besar hingga terkumpul hampir 300 berkas permohonan pembuatan/perubahan KK, KTP, KIA, Akta Kelahiran dan Akta Kematian, dan untuk perekaman KTP-el sendiri mencapai 50 orang.

Pada hari yang sama  selain dua kegiatan diatas Dinas Dukcapil juga melaksanakan perekaman KTP-el pemula di MA Raudlatul Muslimin Kayangan Desa Sandik Kecamatan Batu Layar. Untuk perekaman di  MA Raudlatul Muslimin Dinas Dukcapil menurunkan petugas/operator yang berada di UPT. II Wilayah Gunungsari-Batu Layar.  Dalam kegiatan tersebut siswa/siswi yang melaksanakan perekaman sebanyak 27 orang. sedangkan siswa/siswi yang lain telah melakukan perekaman  KTP-el secara mandiri .(DUKCAPIL BISA)

 

(GADS)

 


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *