LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Tutup Tahun 2023, Dukcapil Lombok Barat Raih Penghargaan Predikat Zona Hij…
Berita Utama

TUTUP TAHUN 2023, DUKCAPIL LOMBOK BARAT RAIH PENGHARGAAN PREDIKAT ZONA HIJAU TERTINGGI DARI ORI NTB.

Posting oleh disdukcapillobar - 3 Jan. 2024 - Dilihat 169 kali

Girimenang-Gerung Lobar

Selasa (2/1/2024). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lombok Barat atau Dukcapil Lombok Barat meraih prestasi membanggakan pada tahun 2023. Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan NTB memberikan penilaian Zona Hijau dengan Kategori Tertinggi kepada dinas ini, yang dipimpin oleh H. Saepul Akhkam.

Menurut Saepul Akhkam, Dukcapil Lombok Barat  menerima sertifikat dengan nilai 90,34 atau A, meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 87,69 atau B. "Kita masuk dalam Zona Hijau Kualitas Tertinggi untuk predikat Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Tahun 2023," kata Saepul Akhkam,.

Akhkam mengaku sengaja memberi kesempatan kepada Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk untuk menerima langsung penghargaan tersebut dari Kepala ORI  NTB. Ia menyatakan penghargaan yang diperoleh Dukcapil Lombok Barat tersebut sebagai hasil kerja keras staf Dafduk dan Capil. Meskipun anggaran minim, semangat mereka tidak surut.

"Mereka para staf Dukcapil patut berbangga dengan prestasi ini dan saya sangat mengapresiasi kinerja mereka dalam memberikan pelayanan ke masyarakat. Walau minim anggaran, tidak patah semangat, ujar Akhkam.

Meskipun baru memimpin Dukcapil Lombok Barat selama sepuluh bulan, Akhkam memberikan dorongan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan. Upaya langsung turun ke desa dan sekolah dilakukan untuk memastikan kepuasan masyarakat.

Akhkam menekankan keramahan dan kepedulian staf dalam memberikan pelayanan, bahkan sampai dengan jemput bola untuk warga yang sulit datang ke kantor. Hingga saat ini, mereka telah memberikan pelayanan langsung turun ke 25 desa.

Aspek keramah tamahan atau hospitality menjadi titik tekan staff dalam memberikan pelayanan. Bahkan bila perlu sampai jemput bola mendatangi warga yang tidak bisa datang ke kantor, entah karena lansia, sakit, atau ODGJ," papar Akhkam.

Dukcapil Lombok Barat juga menjalin kerja sama dengan pemerintah desa, operator Kios Adminduk Desa, puskesmas, dan beberapa OPD. Untuk mendukung Pemilu, mereka melakukan perekaman pemilih pemula di lebih dari 100 sekolah.

Selain Dinas Dukcapil Lombok Barat, ORI Perwakilan NTB juga merilis penghargaan kepada Puskesmas Gerung dengan nilai 90,19, DPMPTSP dengan nilai 88,66, Puskesmas Dasan Tapen dengan nilai 87,99, Dikbud dengan nilai 77,68, Dinsos dengan nilai 68,95, dan Dinas Kesehatan dengan nilai 56,69. (DUKCAPIL BISA).


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *