LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Dinas Dukcapil Lobar Penguatan Pelayanan Adminduk Melalui Workshop Ikd
Berita Utama

DINAS DUKCAPIL LOBAR PENGUATAN PELAYANAN ADMINDUK MELALUI WORKSHOP IKD

Posting oleh disdukcapillobar - 10 Juli 2023 - Dilihat 87 kali

Girimenang-Gerung Lobar

Dalam kegiatan  “Dukcapil Lobar Belajar” Jumat 7 Juli 2023 kemarin, Dinas Dukcapil Lombok Barat mengadakan workshop, pembekalan sekaligus stimulasi  Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD)  kepada seluruh staf/operator   Dinas Dukcapil Lobar baik  ASN maupun Non ASN, termasuk yang berada di  UPT Wilayah I. II dan III. Hal ini dilakukan guna penguatan pelayanan Adminduk serta untuk memberikan penguatan kepada staf/operator untuk disosialisasikan ke masyarakat.

Kepala Dinas Dukcapil Lobar H. Saeful Akhkam ketika membuka acara menyampaikan “Bekerjalah untuk ibadah, mulailah dengan Bismillah dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Karena Allah Tuhan Yang Maha Kuasa mengatakan “Sebaik-baiknya manusia adalah yang hidupnya memberikan kemanfaatan bagi orang lain”. Saeful Akhkam juga mengatakan “saya berharap mulai hari ini tidak ada lagi cerita  staf Dukcapil tidak tahu apa itu IKD”

Pemaparan materi dan simulasi IKD dipandu langsung oleh  Aditya Primadi,S.I.P  (Administrator Data Base Kependudukan Ahli Muda) selaku narasumber. Dalam pemaparannya Mas Adit (biasa dipangil) menjelaskan cara-cara pengaktifan dan  pengisian fitur-fitur layanan yang ada pada IKD SIAK terpusat maupun IKD pada Android (HP).

Selain pemaparan materi IKD, dilaksanakan juga diskusi bedah kasus. Permasalahan-permasalahan yang sering ditemukan/dihadapi ketika melakukan  pelayanan pada masyarakat. Salah satu contoh kasus yang sering terjadi di masyarakat adalah pernikahan dibawah umur sah secara agama tetapi belum tercatat secara negara sehingga berimbas pada status anak pada akta kelahiran. Begitupun dengan permasalahan-permasalahan lainnya. Selain itu IKD langsung dipraktik oleh 8 operator Dukcapil dengan mencari dan mengajak  masyarakat yang ada sekitaran Dinas Dukcapil untuk mendownload dan mengaktifasi aplikasi tersebut.

Diakhir acara Saeful Akhkam  menegaskan dengan dilaksanakan Dukcapil Lobar Belajar “Ada pengetahuan baru tentang gejala-gejala sosial baru. Pokok-pokok persoalan yang belum terjawab akan kita bedah dan didiskusikan  dengan pihak-pihak terkait.” Dukcapil Lobar Belajar akan tetap dilaksanakan setiap bulannya. (DUKCAPIL BISA)

 

(GADS)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *