LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Dirjen Dukcapil Saksikan Penandatanganan Mou Kerjasama “Kios Adminduk” Di…
Berita Utama

DIRJEN DUKCAPIL SAKSIKAN PENANDATANGANAN MOU KERJASAMA “KIOS ADMINDUK” DISDUKCAPIL LOBAR BERSAMA PUSKESMAS PELANGAN DAN PUSKESMAS BANYUMULEK

Posting oleh disdukcapillobar - 5 Sep. 2022 - Dilihat 197 kali

Giri menang - Gerung

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lombok Barat   bersama Puskesmas Pelangan dan Puskesmas Banyumulek Kabupaten Lombok Barat menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) percepatan dokumen kependudukan  “Kios Aminduk” pada hari Kamis 1 September 2022. Penandatanganan PKS tersebut berlangsung  di  Kantor Dinas Kesehatan  Kabupaten Lombok Barat,  turut menyaksikan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia  Prof Dr. H. ZUDAN ARIF FAKRULLAH,SH.MH. Di dalam arahannya beliau menyampaikan ASN yang Hebat itu  bila kamu sebagai ASN bisa membuat senang masyarakatmu, bisa membuat bahagia masyarakatmu, bisa memberikan pelayanan yang membuat masyarakat itu sebelum masuk kantormu sudah tersenyum. Beliu juga berkata  “Hebatnya ASN bukan bisa terbang, bukan kuat seperti pohon beringin, bukan pula bisa terapung diatas air tetapi  ketika ditengah-tengah masyarakat penuh syukur, penuh manfaat membuat pelayanan publik  jadi  lebih bagus dan membahagiakan masyarakat”.

Selain itu beliau juga menyampaikan pemberian hadiah dari Menteri Dalam Negeri kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Barat berupa  1 (satu) unit mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Anjungan Dukcapil Mandiri atau ADM adalah alat yang diluncurkan oleh Dirjen Dukcapil untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pencetakan dokumen kependudukan secara mandiri. Diharapkan kedepannya pelayanan Disdukcapil sudah bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke kantor dinas. Sebagaimana dijelaskan bahwa Anjungan Dukcapil Mandiri ini merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen administrasi kependudukan.  Dokumen yang dapat dicetak di ADM yaitu KK, KTP-El, KIA, Kutipan Akta Lahir dan Kutipan Akta Kematian.  ADM diharapkan dapat memutus mata rantai percaloan di Disdukcapil karena dengan mencetak di ADM diharapkan antara pemohon dan pemberi layanan tidak bertemu.  Untuk di Lombok Barat diharapkan agar ADM di pasang di tempat umum bukan di kantor Dinas Dukcapil.

Pada kesempatan itu,  Bapak Sekda Lombok Barat Dr.H. BAEHAQI, S.Si,M.PdMM. yang hadir mewakili Bupati Lombok Barat menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Dalam Negeri RI atas pemberian hadiah berupa Anjungan Dukcapil Mandiri tersebut. Tidak lupa juga Bapak Sekda menyampaikan harapan agar selain hadiah tersebut serta pelayanan “Kios Adminduk” dan Inovasi-inovasi pelayanan Disdukcapil lainnya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat,  sehingga masyarakat dapat segera memiliki dokumen Administrasi Kependudukannya.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *