LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Dukcapil Lobar Perhatikan Adminduk Warga Lansia Melalui Pelayanan By Reque…
Berita Utama

DUKCAPIL LOBAR PERHATIKAN ADMINDUK WARGA LANSIA MELALUI PELAYANAN BY REQUEST

Posting oleh disdukcapillobar - 22 Nov. 2023 - Dilihat 104 kali

Giri MenangGerung Lobar

Masih banyaknya warga lansia yang belum memiliki dokumen Adminduk menjadi perhatian tersendiri bagi Dinas Dukcapil Lobar salah satunya dengan membuka pelayanan By Request. 

Pelayanan By Request pada awalnya merupakan salah satu pelayanan dari Dinas Dukcapil Lobar untuk mempermudah warga khususnya bagi warga masyarakat lansia, sakit, penyandang disabilitas dan ODGJ   dalam mengurus dokumen Adminduk dengan mendatangi langsung lokasi warga tersebut dalam melaksanakan proses perekaman data. Hal ini dilakukan mengingat warga masyarakat lansia, sakit, penyadang disabilitas dan ODGJ memiliki keterbatasan/tidak mampu secara fisik/mental untuk datang langsung ke Dinas Dukcapil.

Namun  sekarang ini pelayanan By Request berkembang  selain melayani Adminduk warga lansia, sakit, penyadang disabilitas dan ODGJ, pelayanan By Request juga melayani permohonan dokumen Adminduk warga yang melaksanakan pernikahan (pasangan pengantin) non Muslim agar bisa langsung memperoleh dokumen Adminduk pada hari upacara pernikahannya.

Selain itu pelayanan By Request juga melayani permohonan pelayanan Adminduk di desa-desa. Pada intinya pelayanan By Request merupakan pelayanan Adminduk berdasarkan permohonan/permintaan dari warga masyarakat.

Berdasarkan keterangan dari Khairil Anwar salah seorang petugas/operator Dukcapil Pada hari Senin, 20 Nopember 2023 kemarin, kami melayani Perekaman KTP-el  4 warga lansia, 3 orang (Sahnim, Sinari dan Kartini) warga Dusun Dasan Daya, Desa Lembar Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat dan 1 orang (Sunia) warga Dusun Tongkek Desa Kuripan Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat yang saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat. Perekaman KTP-el dilaksanakan di dua tempat yang berbeda yaitu di rumah warga  Dusun Dasan Daya dan di ruang perawatan  RSUD Patut Patuh Patju.

Tak jarang juga  kami melayani warga yang sakit keras/tak bisa bangun, ODGJ dan Disabilitas bahkan di luar jam kerja (hari Libur). Meski ketika melayani warga yang sakit ada kekuatiran kami tertular, namun kami berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk membantu warga ujar Anwar. 

Dengan adanya pelayanan By Request  Dinas Dukcapil berharap dapat mengurangi sedikit beban warga, dan warga dapat memanfaatkan sebaik-baiknya semua pelayanan yang ada di Dinas Dukcapil. (DUKCAPIL BISA)

 

 (GADS)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *