LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Dukcapil Lobar Rekam Data Adminduk Odgj Di Rumah Sakit Jiwa Mataram
Berita Utama

DUKCAPIL LOBAR REKAM DATA ADMINDUK ODGJ DI RUMAH SAKIT JIWA MATARAM

Posting oleh disdukcapillobar - 6 Des. 2022 - Dilihat 114 kali

Giri Menang-Gerung

Hari ini Senin 5 Desember 2022 petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Lombok Barat mendatangi Rumah Sakit Jiwa Mataram guna melakukan perekaman data adminduk kepada salah seorang warga masyarakat Lombok Barat. Adapun Mawardi warga dari Dusun Kombang, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, mengalami gangguan kesehatan kejiwaan (ODGJ) serta tengah dirawat pada Rumah Sakit Jiwa Mataram belum memiliki dokumen administrasi kependudukan berupa KK dan KTP sebagai syarat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Dengan memanfaatkan  pelayanan “By Request” yang merupakan salah satu inovasi pelayanan dari Dinas Dukcapil Lobar, Mawardi dibantu oleh keluarganya serta kepala Desa Buwun Mas (Rochidi, S.IP) mengajukan surat permohonan pembuatan dokumen administrasi kependudukan kepada Dinas Dukcapil Lobar sehingga perekaman data ini dilaksanakan.

Seperti yang telah kita ketahui bersama Pelayanan “By Request” yaitu pelayanan pembuatan dokumen administrasi kependudukan seperti pembuatan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Kelahiran serta dokumen pencatatan sipil lainnya bagi masyarakat lansia, sakit, penyandang Disabilitas dan ODGJ  (Orang Dengan Gangguan Jiwa) berdasarkan surat permohonan yang diajukan dari masyarakat. Setelah itu, petugas dari Dinas Dukcapil akan mendatangi langsung untuk proses perekaman data, hal ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan dokumen administrasi kependudukan. Dengan adanya Pelayanan keliling “By Request” masyarakat lansia, sakit, penyandang Disabilitas dan ODGJ tidak harus datang ke Dinas Dukcapil guna mengurus dokumen adminduknya.

Sampai saat ini telah tercatat ada 12 orang ODGJ, 114 orang lansia, 32 orang Disabilitas dan 19 orang warga masyarakat sakit yang telah memanfaatkan Pelayanan “By Request” Dinas Dukcapil Lobar. Untuk kedepannya diharapkan makin banyaknya warga masyarakat yang memanfaatkan semua inovasi pelayanan yang ada di Dinas Dukcapil Lobar.  (DUKCAPIL BISA)

 

 (GADS)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *