LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Dukcapil Lobar Rekam Ktp-El Ratusan Warga Binaan Lapas
Berita Utama

DUKCAPIL LOBAR REKAM KTP-EL RATUSAN WARGA BINAAN LAPAS

Posting oleh disdukcapillobar - 23 Mei 2023 - Dilihat 203 kali

Giri Menang - Gerung

Demi pemenuhan  hak demokrasi rakyat termasuk masyarakat yang ada di Lapas jelang pemilu 2024 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lombok Barat rekam biodata KTP-el ratusan warga Binaan Lapas Kelas IIA Mataram (22/05/2023). Perekaman biodata KTP-el yang dilaksanakan Dinas Dikcapil Lobar disaksikan langsung Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun didampingi Kepala Lapas kelas IIA Mataram Ketut Akbar Herry Achjar, Pihak KPU dan Bawaslu Lobar.

Berdasarkan keterangan Kepala Lapas Ketut Akbar Herry Achjar tujuan perekaman ini agar para warga binaan bisa berpartisipasi dalam pesta Demokrasi 2024 mendatang, sehingga setelah terdata para warga binaan itu masuk dalam data pemilih tetap. Dari Pihak lapas memverifikasi dan mengusulkan  ada sekitar 996 warga binaan yang akan  dilakukan perekaman. Dimana sebayak 771 sudah masuk dalam data pemilih ditempat asalnya, sedangkan 225 harus dilakukan perekaman ulang. Dari 996 narapidana atau warga binaan yang diusulkan itu merupakan warga binaan yang sudah akan habis masa hukumannya, bahkan seluruhnya akan keluar pada 14 Februari 2024 mendatang.

Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun dalam sambutannya menyampaikan “sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Kepala Lapas kelas IIA Mataram yang memperhatikan persoalan data Adminduk warga binaannya, mengingat Adminduk itu sangatlah penting dalam mengurus  kebutuhan baik itu pelayanan kesehatan, pendidikan dan lainnya”. Serta berharap kegiatan ini tidak hanya menjelang pemilu saja tetapi rutin dilakukan untuk membantu kebutuhan data kependudukan. Selain itu hj. Sumiatun mengajak para warga binaan untuk bersabar menjalani masa hukuman sambil terus mengasah kreatifitas yang baik dalam lapas.

Dalam kegiatan yang sama Kepala Dinas Dukcapil Lobar H. Saeful Akhkam mengatakan pihaknya lebih berinisiatif turun melakukan pelayanan kelapangan berdasarkan kebutuhan. “sebelum ini Dukcapil Lobar sudah turun keliling ke sekolah dan Ponpes, kamipun punya program by Request”. Kegiatan ini menjadi momentum yang tepat karena dalam rangka mensukseskan pemilu, untuk melakukan pengecekan dan verifikasi data Adminduk warga. Perekaman 225 warga ini ditargetkan akan tuntas hari ini juga, kemudian percetakan blangko KTP secara kolektif dan selanjutnya akan diserahkan ke Lapas. (DUKCAPIL BISA)

 

 

(GADS)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *