LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Dukcapil Lobar Sosialisasi Adminduk Pada Kegiatan P3md Dan Kkn Internasion…
Berita Utama

DUKCAPIL LOBAR SOSIALISASI ADMINDUK PADA KEGIATAN P3MD DAN KKN INTERNASIONAL 3 PERGURUAN TINGGI DI DESA BANYUMULEK

Posting oleh disdukcapillobar - 5 Des. 2022 - Dilihat 134 kali

Giri Menang-Gerung

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Barat hadir sebagai narasumber Sosialisasi  Administrasi Kependudukan (Adminduk) pada kegiatan Program Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Desa yang disingkat P3MD dan KKN Internasional 3 perguruan tinggi di Desa Banyumulek Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, pada Rabu 23 Nopember 2022. Kegiatan tersebut diprakarsai oleh  mahasiswa-mahasiswa KKN internasional. Berdasarkan observasi di lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa-masiswa KKN internasional tersebut, Desa Banyumulek yang telah melaksanakan pemekaran dusun menyebabkan banyak penduduk yang belum melakukan penyesuaian data. Hal ini yang menginspirasi para mahasiswa tersebut untuk melakukan sosialisasi administrasi kependudukan yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesesuaian dokumen kependudukan.

Program Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Desa yang disingkat P3MD dan KKN merupakan kegiatan wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja pada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Untuk tahun ini Kecamatan Kediri menjadi salah satu fokus program tersebut yang dilaksanakan oleh 2 perguruan tinggi dalam negeri dan 1 perguruan tinggi luar negeri yaitu Politeknik Medika Farma Husada Mataram, Universitas Islam Al-Azhar Mataram dan University Collage MAIWP Internasional (UCMI) Malaysia dengan jumlah total 13 orang mahasiswa. Kegiatan P3MD dan KKN internasional yang akan berlangsung hingga 30 November 2022 ini membawa 5 program besar yaitu  Goes to School, Community Awareness, Go Green, Art and Sport.

Dalam Sosialisasi  Administrasi Kependudukan (Adminduk) yang bertempat di aula kantor Desa Banyumulek, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lombok Barat Drs. M. Hendrayadi memaparkan mengenai pentingnya dokumen kependudukan untuk segala urusan administratif. “Kios Adminduk”  merupakan salah satu cara untuk mempercepat layanan di desa-desa. "Kios Adminduk” merupakan upaya Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Barat dalam meningkatkan mutu pelayanan serta memperluas jangkauan pelayanan administrasi kependudukan di desa-desa. Kios ini akan melayani beberapa pelayanan diantaranya adalah akta kelahiran, akta kematian kemudian perubahan KK karena akta kelahiran dan akta kematian," jelasnya. Sedangkan Kasi Ekbang Kecamatan Kediri Wahyu Adi Kurniawan, SE menambahkan "Dari pihak kecamatan siap membantu dan berkoodinasi dengan pihak Dukcapil agar Kios Adminduk di desa Banyumulek bisa segera terwujud". Di penutup acara, Drs. M.Hendrayadi menegaskan "kami Siap membantu dan mencarikan solusi terbaik untuk menangani permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan Adminduk". (DUKCAPIL BISA)

(GADS)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *