LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Dukcapil Lombok Barat Percepat Terbentuknya Kios Adminduk Di Desa-Desa Dan…
Berita Utama

DUKCAPIL LOMBOK BARAT PERCEPAT TERBENTUKNYA KIOS ADMINDUK DI DESA-DESA DAN PUSKESMAS

Posting oleh disdukcapillobar - 8 Mei 2023 - Dilihat 202 kali

Giri Menang - Gerung

 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lombok Barat percepat terbentuknya Kios Adminduk di desa-desa dan Puskesmas. ini bertujuan untuk  mempercepat dan mendekatkan pelayan Adminduk bagi masyarakat. Hari ini (Rabu 3/5/2023) Dinas Dukcapil Lobar menandatangani  Perjanjian Kerjasama (PKS) “Kios Adminduk” bersama Pemdes Sandik dan  Puskesmas Gunungsari.  Pemdes Sandik merupakan desa ke 75 sedangkan Puskesmas Gunungsari merupakan Puskesmas ke 3 yang menjalin kerjasama dengan Dinas Dukcapil dalam membuat Kios Adminduk.

Kepala Dinas Dukcapil H. Saepul Akhkam menyampaikan “Kios Adminduk ini melayani Pencatatan Kelahiran, Perubahan KK, Akta Kematian, dan koordinasi serta saling menginformasikan kebutuhan Adminduk warga. Saat ini dari 119 Desa dan 3 Kelurahan yang definitif di Lombok Barat belum semuanya memiliki Kios Adminduk”.  Dukcapil sendiri berkeyakinan akan menggandeng seluruh  desa dan Puskesmas untuk melakukan PKS”.

Mantan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Lombok Barat ini juga mengatakan “Target kami dalam tahun ini semua desa dan puskesmas ada Kios Adminduknya”.

Sedangkan Kepala Desa Sandik H. Abdurrahman mengaku gembira dengan adanya Kios Adminduk ini. “Ini akan menjadi cara yang lebih mudah buat kami dalam memberi pelayanan ke masyarakat dan akan memudahkan pihaknya dalam membantu akses masyarakat terhadap pelayanan publik.” katanya.  

Di kesempatan berbeda, Kepala Puskesmas Gunung Sari Ns. H. Lalu Wirawan juga menyambut baik uluran kerja sama Dinas Dukcapil. “Tidak hanya persalinan gratis, jadi kita bisa memberikan paket lengkap kepada pasien yang persalinannya di sini. Lahir langsung punya Akta Kelahiran dan KIA, juga perubahan KK,” ungkap H. Wirawan.

Selain kerja sama ini, pihaknya juga berharap inovasi yang dimiliki Puskesmas Gunungsari untuk fasilitas akta kelahiran dapat diikuti oleh Puskesmas yang lain. “Insya Allah ini akan menjadi virus bagi Puskesmas lainnya yang akan berdampak positif untuk masyarakat,” ungkap H. Wawan biasa ia dipanggil.

Menimpali hal tersebut, Kepala Dinas Dukcapil menyambut dengan arahan agar pihaknya dapat dibantu dalam berkomunikasi dengan Kepala Puskesmas lainnya. “Khusus untuk Kecamatan Gunungsari, ada 3 Puskesmas dengan wilayah kerja berbeda-beda. Semoga semuanya bisa PKS dengan kita. Harapan kami di Dukcapil, Puskesmas juga bisa melibatkan Poskesdes,” kata Akhkam. (DUKCAPIL BISA)

 

(GADS)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *