LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Gandeng Pemdes Rumak, Disdukcapil Menjangkau Masyarakat Melalui “Kios Admi…
Berita Utama

GANDENG PEMDES RUMAK, DISDUKCAPIL MENJANGKAU MASYARAKAT MELALUI “KIOS ADMINDUK”

Posting oleh disdukcapillobar - 12 Jan. 2023 - Dilihat 263 kali

Giri Menang-Gerung

Dalam upaya meningkatkan kepemilikan Administrasi Kependudukan (Adminduk) masyarakat di Kabupaten Lombok Barat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus melakukan perkembangan dan inovasi. Salah satunya ialah dilakukannya kerjasama dengan Pemerintah Desa untuk pelayanan Adminduk di Kantor Desa atau biasa disebut dengan “Kios Adminduk”. 

Rabu (04/01/2023) kemarin, Disdukcapil melakukan tanda tangan MOU dengan Pemerintah Desa Rumak. Hal ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk menjangkau lebih banyak masyarakat terkait dengan kepemilikan Adminduk dasar, seperti Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Kartu Keluarga. 

Dalam sambutannya, Kepala Disdukcapil Lobar, Drs. M. Hendrayadi menyampaikan rasa syukurnya atas kerjasama yang telah dilakukan. Kios Adminduk dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang belum bisa mengurus Adminduk langsung ke Kantor Disdukcapil. “Masyarakat dapat membuat Kartu Identitas Anak (KIA) melalui Kios Admninduk, dengan cara Operator Desa menukarkan berkas fisik persyaratan yang sudah lengkap di Kantor Disdukcapil” sambungnya.

Selain itu, diperkenalkan juga Identitas Kependudukan Digital (IKD) pada masyarakat.  IKD merupakan identitas data diri seperti KTP namun berbentuk aplikasi digital. Kekosongan stock blangko menyebabkan tidak adanya pencetakkan fisik KTP untuk sementara waktu. Oleh sebab itu, penggunaan IKD ini dapat menjadi solusi untuk mengkonfirmasi identitas diri.

Dengan semakin banyaknya desa yang bergabung dalam Kios Adminduk diharapkan pelayanan Adminduk semakin mudah dan menjangkau seluruh kalangan masyarakat. Sehingga kedepannya, upaya untuk mencapai masyarakat tuntas Adminduk dapat tercapai. (DUKCAPIL BISA)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *