LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Panasin Mesin, Dukcapil Lobar Bertekad Raih Zona Intergritas (Zi) Wilay…
Berita Utama

PANASIN MESIN, DUKCAPIL LOBAR BERTEKAD RAIH ZONA INTERGRITAS (ZI) WILAYAH BEBAS KORUPSI (WBK) DAN WBBM

Posting oleh disdukcapillobar - 10 Jan. 2023 - Dilihat 167 kali

Girimenang-Gerung

Dinas Dukcapil Lombok Barat bertekad raih Zona Intergritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan WBBM hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Dukcapil Lobar Drs. M. Hendrayadi dan Sekretaris Dinas Dukcapil Lobar Fathurrahman,S.Pt.,MM. Dihadapan seluruh pegawai/operator Dinas Dukcapil Lobar dalam acara “Jumat Berajah” (6/1/2023) serta pada rapat evaluasi kinerja tahunan Dinas Dukcapil (9/1/2023). Ada beberapa langkah dan perbaikan-perbaikan yang akan dilaksanakan oleh Dinas Dukcapil Lobar untuk memenuhi  6 indikator penilaian Zona Integritas (ZI) yang terdiri dari :

 Manajemen Perubahan

 Penataan Tata Laksana

 Sistem Manajemen SDM

 Penguatan Pengawasan

 Penguatan Akuntabilitas

●  Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Serta untuk memenuhi  Target Nasional untuk Kinerja Daerah Tahun 2023  sesuai arahan Dirjen Dukcapil yang terdiri dari 8  indikator yaitu :

 Perekaman KTP-el : 99,4%.

 Akta Kelahiran : 98%.

 Kartu Identitas Anak (KIA) : 50%.

●  Buku Pokok Pemakaman (BPP) : 50%  Desa/Kelurahan memiliki BPP dan   didorong 50% Komplek Pemakaman memiliki BPP.

●  Perjanjian Kerjasama (PKS) :15 OPD.

 Akses Data : 15 OPD.

 Inovasi : 2 setahun (tiap semester 1).

 Identitas Kependudukan Digital (IKD) : 25% dari total perekaman.

Adapun  langkah Awal yang dilaksanakan oleh Dukcapil Lobar yaitu memanasi mesin, yang dalam artian memberikan  motivasi serta memaparkan rencana-rencana kinerja tahun 2023 keseluruh pegawai/operator Dinas Dukcapil Lobar. Hal ini bertujuan  agar kedepannya lebih semangat dan lebih baik lagi di dalam melayani masyarakat. Mengingat pegawai/operator merupakan garda terdepan di dalam pelayanan. Langkah-langkah selanjutnya yang akan diambil Dinas Dukcapil Lobar diantaranya yaitu :

●  Meningkatkan kualitas SDM operator baik yang ada di dinas maupun yang ada di kios-kios Adminduk desa melalui “Jumat Berajah” maupun pelatihan-pelatihan lainnya.

 Meningkatkan  Mutu Pelayanan.

 Melaunching Pelayanan Online.

●  Membuat inovasi-inovasi baru dalam pelayanan Adminduk dan lebih meningkatkan lagi inovasi-inovasi pelayanan yang sudah ada seperti : “Kios Adminduk”, “Kabarku Pasti”, Pelayanan “By Request”, serta pelayanan “All In One

 Melengkapi kekurangan-kekurangan yang terjadi tahun kemarin.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten I Setda Lobar Bapak Drs. L. Agus Gunawan dan Kepala BPKAD  Lombok Barat Bapak Drs. Fauzan  Husniadi yang sangat memberikan perhatian dan suport dalam perbaikan pelayanan yang sudah mendapatkan pengakuan nasional, baik oleh Kemendagri maupun Kemenpan-RB.

Diharapkan dengan semangat tahun baru dan tekad yang kuat serta dukungan dari semua unsur/masyarakat,  Zona Intergritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan WBBM akan bisa diraih oleh Dukcapil Lobar tahun 2023 ini (DUKCAPIL BISA).

 

 

(GADS)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *