LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Pelayanan Dukcapil Lobar Gandeng Pemdes Cendi Manik Dan Pemdes Sekotong Ba…
Berita Utama

PELAYANAN DUKCAPIL LOBAR GANDENG PEMDES CENDI MANIK DAN PEMDES SEKOTONG BARAT MELALUI “KIOS ADMINDUK”

Posting oleh disdukcapillobar - 7 Juni 2023 - Dilihat 140 kali

Giri Menang-Gerung

Dalam upaya mendekatkan dan mempermudah pelayanan Adminduk kepada masyarakat, Dinas Dukcapil Lombok Barat menggandeng Pemerintah Desa (Pemdes) yang ada diwilayah Pemerintahan Kabupaten Lombok Barat, termasuk  Pemdes  yang ada diwilayah Kecamatan Sekotong.

Senin 6 Juni 2023 kemarin, bertempat di Aula Kantor Desa Cendi Manik  Kecamatan Sekotong,  Dinas Dukcapil Lobar melaksanakan  sosialisasi sekaligus penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) “Kios Adminduk” dengan Pemdes Cendi Manik dan Pemdes Sekotong Barat.

Kepala Desa Cendi Manik Marne, dalam sambutannya menyampaikan “Berbicara tentang persoalan Adminduk sepertinya tidak akan pernah selesainya, ada dua komponen penting yang mendasari sehingga permasalahan Adminduk sulit diselesaikan. Yang pertama adalah pernikahan usia dini sehingga  itu akan menjadi masalah berat, selanjutnya ada perceraian yang tidak melalui prosedur yang tadinya memang legal tapi karena dia melakukan  proses perceraian tidak melalui prosedur menjadi  ilegal”.

Terkait dengan permasalahan di atas, agar masyarakat memiliki dokumen yang sah, sebagai pelayan masyarakat paling ujung (paling dekat dengan masyarakat) Marne mengharapkan “Agar Dinas Dukcapil  mempermudah dalam urusan data-data masyarakat dan bersinergi/bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti misalnya dengan Pengadilan Agama, untuk melakukan dispensasi terhadap pernikahan sehingga nanti kami bisa melakukan proses pendataan untuk Adminduk. Begitupun dengan perceraian”.

Menanggapi hal tersebut Dinas Dukcapil Lobar diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil (Capil) Drs. I Nyoman Sudiatmika dan Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Lalu Syukran, SE. menyampaikan “Kami di Dukcapil  tidak bisa memberikan data by name by adress, untuk mengakses data by name by adress kamipun harus memintanya kepusat.  Dukcapil terus berupaya mendekatkan pelayanan dan dengan dekatnya pelayanan, lebih mudah pelayanan, dengan demikian data-data yang kita dapatkan juga lebih baik lagi karena dikerjakan oleh level yang paling bawah seperti Kios Adminduk ini”.(DUKCAPIL BISA)

 

 (GADS)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *