LOGO disdukcapil
Beranda > Berita > Penerapan Hospitality Value Pelayanan Adminduk Dinas Dukcapil Lombok Barat
Berita Utama

PENERAPAN HOSPITALITY VALUE PELAYANAN ADMINDUK DINAS DUKCAPIL LOMBOK BARAT

Posting oleh disdukcapillobar - 5 Mei 2023 - Dilihat 189 kali

Giri Menang - Gerung

Demi percepatan dan membangun karakter pelayanan terbaik, Dinas Dukcapil Lombok Barat mengadakan Workshop  Penguatan Pelayanan Adminduk terkait Hospitality (Jumat, 5 Mei 2023). Kegiatan  bertempat di Aula pelayanan Dinas Dukcapil Lombok Barat ini diikuti oleh semua Pegawai  Dinas Dukcapil Lombok Barat baik yang ASN maupun Non ASN termasuk yang di  UPT.

Dalam pembukaannya Kepala Dinas Dukcapil Lombok Barat Saepul Akhkam menyampaikan “Dinas Dukcapil merupakan instansi pemerintah yang berbasis pelayanan yang lebih banyak berinteraksi langsung dengan masyarakat, untuk itu bagaimana agar masyarakat merasa puas, terlayani dengan baik dan tertanam dialam bawah sadarnya asyik betul dinas ini”. Agar tercapainya hal tersebut pentingnya SOP pelayanan yang baik".

Sebagai narasumber  Workshop I Gede Widya Suputra, dalam paparan materinya menyampaikan “Setiap manusia yang berkarir pada Hospitality Industry wajib memiliki jiwa service atau semangat melayani sebagai spirit, ruh, taksu atau pun kekuatan untuk membuat tamu merasa dihargai, merasa diistimewakan, dan merasa penting.”

Jiwa Service atau Semangat Melayani  yang dimaksud meliputi :

  1. Sikap Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun,
  2. Sikap Hangat dan Bersahabat,
  3. Sikap Proaktif,
  4. Sikap Integritas,
  5. Sikap untuk Melakukan Perbaikan Diri secara Terus–Menerus.

Selain itu praktisi hospitality perhotelan dan penulis buku ini juga mengatakan “Ketika suatu pelayanan telah melampaui harapan pelanggan maka pada saat itu lah konsep service excellent telah terwujud.”

Adapun indikator karyawan telah memberikan pelayanan prima yaitu

  1. Adanya integritas dalam bekerja (good attitude).
  2. Adanya ‘jiwa service’ atau ‘semangat melayani dalam bekerja’ (senyum, salam, sapa, sikap hangat dan bersahabat, dan lain-lain).
  3. Memiliki kemampuan smiling for business (senyum untuk tujuan bisnis) atau memiliki kemampuan untuk memberikan senyum dengan tulus pada setiap pelanggan.
  4. Memiliki pemahaman tentang product knowledge (hard skill).
  5. Memiliki soft skill yang memadai (skil komunikasi dan berinteraksi, rasa percaya diri, dan lain-lain).

Selain pemaparan materi diadakan stimulasi langsung kepada masyarakat yang saat itu hadir di Dinas Dukcapil untuk mengurus Adminduknya. Diharapkan dengan diadakannya Workshop penguatan pelayanan Adminduk terkait Hospitality semakin menguatkan dan meningkatkan performa pelayanan menjadi lebih baik lagi.(DUKCAPIL BISA)

 

(GADS)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *